Kamis, 21 Agustus 2014
434e18de1de8c8ac10e1fe0ad8ba1327.jpg

REKTOR IPB LANTIK 4 WAKIL REKTOR PERIODE 2013-2018

Jumat, 31 Mei 2013 14:52
Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, MSc melantik empat Wakil Rektor  untuk periode 2013 -2018. Acara pelantikan digelar di Lobi Gedung Andi Hakim Nasoetion, (30/5). Keempat pejabat yang dilantik merupakan pejabat periode 2008-2012 yang hari ini dilantik  kembali untuk periode 2013-2018.
 
Para pejabat yang dilantik tersebut adalah Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS; Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Kajian Strategis, Prof. Dr. Ir. Hermanto Siregar, M.Ec; Wakil Rektor bidang Riset dan Kerjasama,  Prof.Dr.Ir. Anas Miftah Fauzi,M.Eng  dan   Wakil Rektor bidang Sarana dan Bisnis, Dr.Ir. Arif.Imam Soeroso,MSc.
Sebelum mengukuhkan dan melantik empat Wakil Rektor ini, Rektor mengusulkan 8 calon Wakil Rektor kepada Majelis Wali Amanat (MWA)  IPB.  Dari 8 calon Wakil Rektor  yang  diusulkan 4 diantaranya merupakan pejabat periode sebelumnya, sementara  4 lainnya berasal dari kalangan Dekan dan Direktur yang sedang menjabat. Pemilihan tersebut berdasarkan track record  ke-8 calon yang memiliki kinerja sangat baik serta sesuai dengan bidang tugas setiap jabatan Wakil Rektor. Pelantikan Wakil Rektor kali ini berdasarkan ketetapan MWA IPB Nomor  126/MWA-IPB/2013.
 
Selain itu  Rektor  menyebutkan bahwa  Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan memiliki kewenangan untuk mengkoordinasikan  berbagai program dalam rangka memperkuat sistem pendidikan dan pembinaan kemahasiswaan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, cerdas dan kompetitif. Prof. Yonny diminta Rektor untuk mengarahkan Direktorat Administrasi Pendidikan, Direktorat Pengembangan Program Akademik dan Direktorat Kemahasiswaan. Hal tersebut meliputi perbaikan penyelenggaraan wisuda dan prosedur pengurusan ijazah dan lain lain.
 
Selain itu diamanahkan kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan  untuk dapat mengintegrasikan proses penerimaan mahasiswa baru multi strata dalam tugas dan fungsi  Direktorat Administrasi  Pendidikan. Merancang sistem dan prosedur yang menjamin penyelesaian studi tepat waktu, mengembangkan kurikulum dan pembelajaran yang menjamin lulusan IPB relevan dengan kebutuhan masyarakat dengan instrument Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Namun untuk wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Kajian Strategis, Prof. Hermanto Siregar, Rektor menyampaikan untuk mengemban amanah mengkoordinasikan berbagai pengelolaan Sumberdaya Manusia serta kajian-kajian strategis untuk menyusun konsep dan gagasan IPB sebagai kontribusi dalam proses perumusan kebijakan pertanian.
 
Selain itu untuk wakil Rektor bidang Riset dan Kerjasama , Prof. Anas Miftah Fauzi diberikan amanah untuk mengkoordinasikan berbagai program dalam pengembangan riset dan inovasi, pengembangan karir lulusan yang relevan dengan bidang pertanian, penguatan hubungan alumni, pengelolaan kerjasama dan program internasional . Selain itu Prof. Anas diminta memfokuskan penataan kelembagaan pusat, peningkatan publikasi internasional , melakukan riset inovatif, peningkatan paten dan komersialisasinya.
 
Kepada  Wakil Rektor Bidang Sarana dan Bisnis diamanahi untuk mengkoordinasikan berbagai program terkait pengembangan sarana/prasarana, Integrasi data dan pengelolaan  bisnis yang dilakukan oleh IPB. (dh)
Read 918 times
Login to post comments

Jajak Pendapat

Apakah lulusan mahasiswa BDP-FPIK sesuai dengan jenis pekerjaannya?

Pengunjung

000306822
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
54
377
1796
302002
8355
10202
306822

IP : 54.196.77.82
04:37:38
Kami memiliki 4 tamu dan tidak ada anggota online