Kamis, 24 Juli 2014
434e18de1de8c8ac10e1fe0ad8ba1327.jpg

PS-TMPB IPB RAIH AKREDITASI INTERNASIONAL

Senin, 13 Mei 2013 16:25

Melangkah Maju

 

Setelah berturut-turut berhasil mempertahankan Akreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2000, kini Program Studi TMPB Departemen Budidaya Perairan IPB melangkah maju dengan meraih akreditasi yang lebih tinggi, yaitu Akreditasi Internasional. Prestasi ini didapatkan setelah kunjungan dan penilaian oleh Tim Asesor AUN-Quality Assesment pada tahun 2013 di lingkungan Departemen Budidaya Perairan FPIK, IPB. Hal ini menjadikan PS-TMPB BDP FPIK IPB sebagai program studi berkonsentrasi perikanan budidaya (akuakultur) yang pertama dan sekaligus (sementara ini) satu-satunya di Indonesia yang berhasil mendapatkan akreditasi internasional.

 

Selain PS-TMPB, secara bersamaan Tim AUN-QA juga melakukan penilaian dan memberikan akreditasi yang sama terhadap program studi lainnya dari Fakultas Pertanian IPB. Program Studi tersebut adalah Proteksi Tanaman dan PS Agronomi dan Hortikkultura.

 

Apa Itu AUN-QA ?

 

AUN-QA adalah bagian dari Asean University Network (AUN) yang bertugas melakukan penilaian terhadap mutu suatu program studi atau institusi pendidikan yang ada di ASEAN. Proses penilaian dapat bersifat aktual ataupun secara benchmarking. Akreditasi diberikan jika program studi atau institusi pendidikan memenuhi semua syarat dan standar yang ditetapkan oleh AUN. Akreditasi ini sendiri adalah pengakuan atas mutu belajar-mengajar dan mempermudah sistem transfer kredit mata kuliah dalam program pertukaran mahasiswa/penelitian bersama. AUN sendiri didirikan di ASEAN yang beranggotakan universitas-universitas besar dari negara ASEAN dan bermarkas di Thailand. Selain bertujuan untuk mengembangkan dunia pendidikan tinggi di ASEAN, AUN juga bertujuan menyamakan standar pendidikan serta meningkatkan kerja sama antar universitas di ASEAN.

 

Pentingnya Akreditasi Internasional bagi BDP-IPB

 

Bagi Departemen Budidaya Perairan IPB sendiri, keberhasilan dalam meraih akreditasi internasional ini adalah:

  1. Pelengkap dari keberhasilan meraih akreditasi BAN-PT. Saat ini, di dalam lingkup Departemen Budidaya Perairan telah ada 3 (tiga) jenjang pendidikan yang meraih akreditasi  A (sangat baik), yaitu PS-TMPB (S1), Magister Ilmu Akuakultur (S2), dan terakhir Program Doktor Ilmu Akuakultur (S3).
  2. mempermudah BDP untuk menapaki roadmap IPB untuk menjadi universitas berskala internasional.
  3. Selain itu, dengan semakin dekatnya pasar bebas tenaga kerja ASEAN, maka akreditasi ini diharapkan akan meningkatkan daya saing alumni BDP-FPIK-IPB terhadap lulusan program sejenis dari negara lainnya di ASEAN.

Kedepannya, fokus Departemen Budidaya Perairan adalah mempertahankan akreditasi-akreditasi tersebut dan meningkatkan mutu serta levelnya, terutama untuk program pascasarjana S2 dan S3. Semoga !

 

Jayalah Akuakultur Indonesia !

Read 702 times

  • Arif Supendi
    Arif Supendi
    Jumat, 17 Mei 2013 11:00

    Alhamdulilah....

Login to post comments

Jajak Pendapat

Apakah lulusan mahasiswa BDP-FPIK sesuai dengan jenis pekerjaannya?

Pengunjung

000297459
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
320
359
1589
293301
9194
10363
297459

IP : 23.23.22.200
21:36:22
Kami memiliki 3 tamu dan tidak ada anggota online