Kegiatan

kegiatan web

  • SIMBIOTEK
    (Simposium Nasional Bioteknologi Akuakultur)

Bioteknologi merupakan aplikasi teknologi yang menggunakan sistem biologi, makhluk hidup atau turunannya untuk membuat/memodifikasi suatu produk atau proses untuk kegunaan tertentu. Bioteknologi memiliki peranan yang sangat penting dalam akuakultur seiring dengan meningkatnya tanggung jawab dan peranan akuakultur dalam penyediaan pangan, ikan hias, bahan baku industri, pariwisata dan konservasi, serta peningkatan produktivitas dan efisiensi usaha akuakultur terutama dalam menghadapi era perdagangan bebas, khususnya ASEAN Economic Community (AEC) 2015.

Departemen Budidaya Perairan telah menyelenggarakan Simposium Nasional Bioteknologi Akuakultur,  2 Tahun sekali  Dari penyelenggaraan tersebut diperoleh  respons yang sangat baik dari segenap masyarakat  akuakultur. Setiap pelaksanaan simposium dihadiri oleh 250 peserta sesuai dengan kapasitas yang telah ditentukan oleh panita. Peserta simposium berasal dari perguruan tinggi, instansi penelitian, mahasiswa, serta kalangan industri dan swasta dari seluruh Indonesia. Jumlah makalah yang dipresentasikan sekitar 50 makalah untuk presentasi oral dan 20 makalah dalam bentuk poster. Simposium tersebut didukung oleh sekitar 35 sponsor dan donatur yang berasal dari lembaga pemerintah dan swasta.

  • Coffe Morning
    Pengenalan Mahasiswa baru kepada seluruh Tenaga Pendidik (Dosen) dan Tenaga Kependidikan (Pegawai)
  • Aquafest
    Aquaculture festival (Aquafest) yang merupakan acara tahunan dan program kerja terbesar dari HIMAKUA (Himpunan Mahasiswa Akuakultur) merencanakan untuk melaksanakan acara ini kembali di JCC pada tahun depan. Hal ini mengingat tujuan utama dari Aquafest adalah memperkenalkan kepada masyarakat mengenai kegiatan dari akuakultur mulai aspek yang fundamental hingga mencapai skala usaha. Program ini terus digalakan dengan harapan kegiatan akuakultur dapat lebih dikenal sehingga masyarakat dapat melakukan kegiatan tersebut, mengingat saat ini sumberdaya perikanan yang berasal dari laut sudah mulai berkurang. Sedangkan permintaan akan konsumsi ikan baik dalam negeri maupun luar negeri terus meningkat. Kegiatan akuakultur ini sangat menjanjikan, karena kegiatan tersebut dapat dilakukan secara berkelanjutan dan produksi dapat mengalahkan produksi dari hewan darat.

dalam acara tersebut diadakan bebearapa pameran dan Bazzar antara lain

  • Pameran ikan hias
  • Ikan konsumsi
  • Pameran buku dan
  • Pameran Makanan
  • Lomba Medesain Aquascape
  • Bazzar