Minggu, 20 April 2014
434e18de1de8c8ac10e1fe0ad8ba1327.jpg

Himpunan Alumni

Jumat, 19 April 2013 08:44

Alumni PS-TMPB bergabung sebagai anggota Himpunan Alumni IPB (HA-IPB) sejak mahasiswa lulus. Acara pelantikan sebagai anggota HA-IPB oleh ketua secara simbolis dilakukan saat lulusan diwisuda. Selain itu, alumni PS-TMPB juga bergabung dalam Himpunan AlumniFPIK (HA-FPIK). Peran himpunan alumni dalam mendukung pengembangan akademik dan non-akademik sangat besar, antara lain dalam bentuk sumbangan dana, sumbangan fasilitas, pengembangan jejaring, dan penyediaan fasilitas.  

 

Partisipasi alumni dalam mendukung pengembangan akademik program studi dalam bentuk:

  1. Sumbangan dana: Beasiswa, mendatangkan pembicara dari luar negeri untuk kuliah umum (general lecture) dan sumbangan biaya riset.
  2. Sumbangan fasilitas: Sumbangan fasilitas pendukung penelitian (fasilitas teaching farm, PCR, dan beberapa back up genset). 
  3. Keterlibatan dalam kegiatan akademik: Alumni berperan sebagai pembimbing praktek lapang, pembimbing penelitian untuk tugas akhir, sebagai pembicara pada kuliah umum dan motivator dalam training motivasi.
  4. Pengembangan jejaring: Alumni memberi informasi tentang permasalahan akuakultur di lapangan, informasi lowongan pekerjaan, sebagai tempat praktik lapang, tempat magang, tempat penelitian, dan tempat kunjungan lapangan
  5. Penyediaan fasilitas untuk kegiatan akademik: Alumni menyediakan tempat untuk mahasiswa praktek lapang atau tempat penelitian

 

Partisipasi lulusan dan alumni dalam mendukung pengembangan non-akademik program studi dalam bentuk:

  1. Sumbangan dana: Sumbangan dana untuk penyelenggaraan Simposium Nasional Bioteknologi Akuakultur dan dana pengembangan HIMAKUA.
  2. Sumbangan fasilitas: teaching farm untuk kegiatan kewirasusahaan.
  3. Keterlibatan dalam kegiatan non-akademik: Alumni berpartisipasi sebagai peserta pertandingan olah raga dalam rangka BDP CUP, alumni berperan sebagai pembicara pada acara Aquaculture Festival yang diselenggarakan HIMAKUA, pembicara dalam pertemuan sivitas akademik BDP.
  4. Pengembangan jejaring: Alumni memberi informasi lowongan kerja, kerjasama dalam penerbitan Jurnal Akuakultur Indonesia bersama ISSA (Indonesian Society for Scientific Aquaculture).
  5. Penyediaan fasilitas untuk kegiatan non-akademik: Menyediakan fasilitas outbound dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.
Read 446 times

Jajak Pendapat

Apakah lulusan mahasiswa BDP-FPIK sesuai dengan jenis pekerjaannya?

Pengunjung

000265761
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
98
245
98
263502
6431
15184
265761

IP : 54.196.215.114
09:23:44
Kami memiliki 7 tamu dan tidak ada anggota online