Profil

Sertifikat AUN-QA

Akreditrasi DOKTOR(S3)Akreditrasi TMPB(S1) Akreditrasi MASTER(S2)

 

Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan

Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi melibatkan semua pemangku kepentingan, baik internal maupun eksternal melalui rapat khusus. Visi dan misi Program Studi Teknologi Manajemen dan Perikanan Budidaya (PS-TMPB) diselaraskan dengan visi, misi, tujuan dan sasaran fakultas dan IPB.� Rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran PS-TMPB selanjutnya dibahas pada tingkat fakultas, dan kemudian hasilnya diverifikasi dan divalidasi oleh IPB.

Visi

Visi 2025 PS-TMPB: Sebagai institusi pendidikan tinggi bertaraf internasional yang menghasilkan lulusan terbaik di bidang teknologi dan manajemen perikanan budidaya tropika.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang relevan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas serta mampu mengembangkan dan menerapkan IPTEKS dalam bidang perikanan budidaya tropika sesuai kebutuhan masyarakat sekarang dan masa depan (2013-2025).
  2. Melaksanakan penelitian yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga berguna bagi peningkatan efisiensi proses produksi dan pengembangan teknologi perikanan budidaya tropika.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PkM) untuk menumbuhkembangkan kepekaan dan tanggung jawab sosial segenap dosen dan mahasiswa. Kegiatan PkM pada akhirnya diharapkan menghasilkan konsep-konsep pembangunan perikanan budidaya tropika untuk diterima menjadi dasar kebijakan.

Tujuan

Menghasilkan sarjana perikanan yang memiliki kemampuan untuk menerapkan prinsip-prinsip ilmu, teknologi dan manajemen industri perikanan budidaya tawar, payau dan laut kawasan tropika pada sistem pembenihan dan pembesaran biota akuatik,dan subsistem pendukungnya yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Sosialisasi

Visi, misi, dan tujuan PS-TMPB disosialisasikan kepada sivitas akademika dan tenaga kependidikan melalui kegiatan coffee morning (dilakukan setiap awal semester), masa perkenalan mahasiswa baru program studi, dan poster ditempatkan di ruang tata usaha, ruang rapat program studi, ruang kelas, dan laboratorium. Mekanisme untuk mengetahui tingkat pemahaman sivitas akademika dilakukan melalui wawancara atau survei kepada mahasiswa atau dosen, dan menunjukkan hasil pemahaman yang sangat baik bagi mahasiswa dan dosen.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *