Tentang Kami


SEJARAH


Departemen Budidaya Perairan (BDP) didirikan empat dekade yang lalu dan saat ini telah dipandang sebagai  trendsetter dalam pengembangan sains akuakultur di Indonesia. Bermula pada tahun 1960, Universitas Indonesia (UI) membentuk Jurusan Perikanan Laut di bawah Fakultas Kedokteran hewan, Peternakan, dan Perikanan Laut. Tidak lama setelah itu, secara terpisah pada Tahun 1961 Jurusan Perikanan Darat dibentuk oleh Fakultas Pertanian UI. Kedua fakultas tersebut selanjutnya memisahkan diri dari UI pada tahun 1963 dan membentuk Institut Pertanian Bogor yang terdiri dari Fakultas Perikanan, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan, Fakultas Peternakan, dan Fakultas Kehutanan. Sejak saat itu, Jurusan Perikanan Laut dan Jurusan Perikanan Darat bersatu dan bernaung di bawah fakultas baru, yaitu Fakultas Perikanan. Sejak tahun 1971, Fakultas Perikanan memiliki empat jurusan utama, dimana salah satunya adalah Jurusan Budidaya Perairan.


PROFIL


Departemen Budidaya Perairan (BDP) mengemban mandat untuk mengembangkan sains, teknologi, dan manajemen perikanan budidaya baik di perairan tawar, payau, dan laut yang mencakup ikan dan tanaman akuatik, menjadi  lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. Departemen BDP memiliki program studi sarjana dan pascasarjana yang kompeten dalam memecahkan masalah budidaya ikan dan mengembangkan keilmuan dan teknologi. Saat ini BDP mengelola tiga program studi. Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya (TMPB) adalah program studi sarjana yang telah terakreditasi A (sangat baik) oleh BAN-PT. Pada tahun 2013, TMPB juga telah terakreditasi internasional oleh Asean University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Untuk jenjang pascasarjana, Departemen BDP mengelola Program Studi Ilmu Akuakultur (Magister dan Doktor) dimana kedua program studi tersebut telah terakreditasi A (Sangat Baik) oleh BAN-PT. Saat ini, Departemen BDP saat ini dipimpin oleh Prof.Dr.Ir. Muhammad Agus Suprayudi, M.Si


VISI


Sebagai departemen unggulan berkualitas internasional dalam pengembangan ilmu, teknologi dan sumberdaya manusia dengan budidaya ikan tropis sebagai inti kemampuannya pada tahun 2025..


MISI


  1. Menyelenggarakan pendidikan yang relevan, terfokus dan berbasis penelitian untuk menghasilkan lulusan berkualitas dan berkemampuan mandiri mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan serta inovasi teknologi untuk menunjang pembangunan perikanan budidaya yang menguntungkan, dapat diterima secara sosial dan politik, dan dapat menyatu dengan lingkungan.
  2. Melaksanakan penelitian yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga berguna bagi peningkatan efisiensi proses produksi dan pengembangan teknologi perikanan budidaya tropika.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk menumbuh-kembangkan kepekaan dan tanggung jawab sosial segenap dosen dan mahasiswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada akhirnya diharapkan menghasilkan konsep-konsep pembangunan perikanan budidaya tropika untuk diterima menjadi dasar kebijakan.

TUJUAN


Menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu menerapkan dan mengembangkan IPTEKS, serta memberikan inovasi teknologi dan manajemen industri perikanan budidaya untuk kawasan tropika dalam mendukung pembangunan nasional dan memperbaiki kesejahteraan umat manusia.

Secara khusus tujuan departemen BDP adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang relevan untuk menghasilkan lulusan berkualitas guna menunjang pembangunan perikanan budidaya yang menguntungkan, dan berkelanjutan.
  2. Melaksanakan penelitian untuk pengembangan IPTEKS akuakultur.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk menumbuh-kembangkan kepekaan dan tanggung jawab sosial segenap dosen dan mahasiswa.

SASARAN


  1. Terwujudnya penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan mampu berdaya saing, baik di tingkat nasional maupun internasional;
  2. Terselenggaranya penelitian di bidang perikanan budidaya tropika yang berkualitas dan berkelanjutan serta mampu menjadi jembatan bagi kompetensi dosen dan mahasiswa;
  3. Pemanfaatan melalui diseminasi hasil-hasil penelitian dan IPTEKS dari dosen atau mahasiswa untuk memperkaya perkembangan ilmu dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.