Matangkan Gonad Ikan Grass Carp, Peneliti IPB Gunakan Oodev dan Indigofera.

 

Ikan Grass Carp

Ikan Grass Carp (Ctenopharyngodon idella) merupakan ikan herbivora yang memiliki kemampuan dalam menangani blooming alga di perairan tawar tertutup seperti danau. Ikan ini dikenal juga dengan nama Koan. Disamping potensinya, ikan ini terkendala dalam pemijahan (persiapan kawin) yang lama dan pemeliharannya menggunakan pakan komersil dari tepung ikan. Untuk mengatasi kendala tersebut, peneliti dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB yaitu Dwi Mulyasih dibawah bimbingan Dr Agus Oman Sudrajat dan Prof Luki Abdullah mencoba melakukan pematangan gonad ikan ini dengan menggunakan Oodev (Oocyte developer) dan diberi pakan berbahan Indigofera.

Pembimbing sekaligus dosen di Departemen Budidaya Perairan FPIK IPB, Dr Agus Oman Sudrajat  menjelaskan bahwa Oodev mengandung hormon PMSG dan anti dopamin. “PMSG (Pregnant Mare Serum Gonadotropin) merupakan hormon sintesis glikoprotein yang disekresikan dari sel-sel tropoblas kuda yang di dalamnya terkandung Follicle Stimulating Hormone (FSH) dan Luteinizing Hormone (LH). Anti dopamin merupakan senyawa kimia yang menghambat kerja dari dopamin. Indigofera zollingeriana merupakan tumbuhan yang termasuk dalam tanaman leguminosa yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa indigofera memiliki kandungan karotenoid tinggi. Karotenoid merupakan antioksidan yang dapat menahan lemak agar tidak teroksidasi sehingga pada proses vitelogenesis folikel akan mensintesa hormon steroid dan membawanya ke dalam gonad untuk mengalami perkembangan gonad.

Dalam percobaannya, Dwi memelihara ikan grass carp selama 12 minggu. Ikan diberi hormon Oodev dan pakan indigofera dengan berbagai perlakuan. Pada minggu ke-8 percobaannya Dwi menemukan peningkatan estradiol-17? tertinggi terdapat pada perlakuan OdPI. Perlakuan OdPl ialah penambahan Oodev dengan dosis 0,5 mL/kg bobot tubuh dalam pakan indigofera. Pada akhir penelitian didapatkan bahwa indeks kematangan gonad, histologi gonad dan protein gonad tertinggi terdapat pada perlakuan OdPI.

“Pada perlakuan hormon Oodev dan pakan indigofera lebih banyak terdapat granul kuning telur sehingga memiliki tingkat kematangan gonad yang lebih lanjut dibandingkan dengan pakan komersil. Hal ini dikarenakan peran dari FSH dalam hormon Oodev yang mempengaruhi biosintesis estradiol-17? dan gonad mengalami perkembangan. Selain itu, pakan indigofera dengan karotenoid yang tinggi juga memberikan pengaruh dalam perkembangan gonad,” ujar Dwi.

Berdasarkan hasil penelitian ini, Dwi menyimpulkan bahwa pemberian pakan indigofera tidak mempengaruhi pertambahan bobot tubuh, akan tetapi mempengaruhi perkembangan reproduksi ikan grass carp. Pemberian hormon Oodev dan pakan indigofera mampu meningkatkan kematangan gonad lebih baik daripada pakan komersil.

Penulis : Ismail Rahmat Munthe

Copyright : @Dr. Agus Oman Sudrajat

 

Category : Uncategorized
Translate »